Kamis, 08 April 2021

Kewajiban Menuntut Ilmu

 


MENUNTUT ILMU

➤ Kompetensi Dasar

  • 1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu
  • 2.1 Menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadilah/58:11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 danHadis terkait
  • 3.1 Memahami  makna  Q.S. al- Mujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu
  • 4.1.1 Membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
  • 4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. alMujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait dengan lancar
  • 4.1.3 Menyajikan keterkaitan  semangat menuntut ilmu   dengan pesan Q.S.al-Mujadilah /58: 1 dan Q.S. arRahman /55: 33

➤ Tujuan Pembelajaran

  • menyebutkan pengertian ilmu
  • mengetahui perintah atau kewajiban menuntut ilmu
  • terbiasa membaca al quran 
  • menunjukan perilaku semangat menuntut islmu sebagai implematasi Q.S Al-Mujadilah: 11, Q.S. Ar Rahman: 33, dan hadist terkait tentang ilmu
  • memahami makna Q.S Al-Mujadilah: 11, Q.S. Ar Rahman: 33, dan hadist terkait tentang ilmu
  • memca Q.S Al-Mujadilah: 11, Q.S. Ar Rahman: 33 dengan tartil
  • menunjukan hafalan Q.S Al-Mujadilah: 11, Q.S. Ar Rahman: 33, dan hadist terkait tentang ilmu dengan lancar

A. Pentingnya Ilmu


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ 

artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al Mujadilah: 11)

orang orang yang beriman dan berimu pengetahuan luas memiliki derajat lebih tinggi ketimbang orang orang yang tidak beriman dan berilmu. hal ini terbukti, orang yang beriman dan berilmu akan dihormati oleh orang lain, dan diberi kepercayaan untuk mengendalikan atau mengelola apa saja yang ada didalam kehidupan ini dibandingkan orang orang yang tidak beriman dan berilmu.

يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ فَانْفُذُوْاۗ  لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ  

artinya: "Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah)."  (Q.S. Ar Rahman: 33)

ayat tersebut secara tersirat menjelaskan tentang perintah bagi umat manusia untuk menuntut ilmu karena hanya dengan ilmulah manusia dapat menembus atau melintasi penjuru langit dan bumi. 

1. beberapa penghayatan dan pengamalan Q.S Al-Mujadilah: 11 adalah sebagai berikut.

  • memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan berusaha untuk mendapatkan pengetahuan
  • bersikap sopan saat belajar serta selalu menghargai dan menghormati guru
  • senang mendatangi guru untuk meminta penjelasan tentang ilmu pengetahuan
  • selalu menyeimbangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan keyakinan terhadap kekuasaan Allah swt

2. beberapa penghayatan dan pengamalan Q.S. Ar Rahman: 33 adalah sebagai berikut.

  • senang membaca buku pengetahuan 
  • selalu ingin mencari tahu tentang alam semesta
  • meyakini bahwa alam semesta ini diciptakan oleh Allah swt 
  • rendah hati atas kesuksesan yang diraih dan tidak merasa rendah diri atau malu terhadap kegagalan yang dialami

B. Menerapkan Ilmu Tajwid tentang “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah

Hukum bacaan “Al” dibagi menjadi dua macam, yaitu. 

a. “Alsyamsiyah (idgam syamsiyah)

b. “Al” qamariyah (izhar qamariyah)

Kedua macam hukum bacaan ini dapat diuraikan sebagai berikut.

a. “Al” Syamsiyah

Suatu lafaz mengandung bacaan “Al” ( ا لَ) syamsiyah apabila terdapat “Al”

(ا لَ ) diikuti salah satu dari 14 huruf hijaiyah berikut ini.

ن ل ظ ط ض ص ش س ز ر ذ د ث ت

Cara membaca: semacam ini harus diidgamkan. Maksudnya bunyi huruf lam hilang dan melebur ke dalam huruf berikutnya.

b. “Al” Qamariyah

Suatu lafaz mengandung bacaan “Al” (ا لَ) qamariyah apabila terdapat “Al” (ا لَ) diikuti salah satu dari 14 huruf hijaiyah:

ي هـ و م ك ق ف غ ع خ ج ج ب ا

Cara membaca: semacam ini dibaca jelas, sehingga sering disebut izhar qamariyah.


C. Mengartikan Q.S. Al-Mujadalah/58: 11


D. Mengartikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33


E. Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan

Sikap dan perilaku terpuji yang dapat diterapkan sebagai penghayatan dan pengamalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  1. Senang membaca buku-buku pengetahuan sebagai bukti cinta ilmu pengetahuan.
  2. Selalu ingin mencari tahu tentang alam semesta, baik di langit maupun di bumi, dengan terus menelaahnya.
  3. Meyakini bahwa alam semesta ini diciptakan oleh Allah Swt. untuk manusia. Oleh karena itu, manusia harus merasa haus untuk terus menggali ilmu pengetahuan.
  4. Rendah hati atas kesuksesan yang diraihya dan tidak merasa rendah diri dan malu terhadap kegagalan yang dialaminya.

Sikap dan perilaku yang dapat diterapkan sebagai penghayatan dan pengamalan Q.S. al-Mujadalah/58: 11 dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan berusaha untuk mendapatka pengetahuan tersebut.
  2. Bersikap sopan saat belajar dan selalu menghargai dan menghormati guru.
  3. Senang mendatangi guru untuk meminta penjelasan tentang ilmu pengetahuan.
  4. Selalu menyeimbangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan keyakinan terhadap kekuasaan Allah Swt.

Previous Post
Next Post

وَلَا تَهِنُوۡا وَ لَا تَحۡزَنُوۡا وَاَنۡتُمُ الۡاَعۡلَوۡنَ اِنۡ كُنۡتُمۡ مُّؤۡمِنِيۡنَ‏ Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.

0 komentar: